Tuesday, 28 January 2020

Cara Atasi Antrian Paspor untuk Anak

0 comments
Sumber: Google


Cara Atasi Antrian Paspor untuk Anak

Antrian paspor untuk anak—Melancong ke luar negeri adalah aktivitas yang menyenangkan. Kita menyaksikan pemandangan yang tidak biasa yang berbeda dengan view lokal yang mungkin kamu telah sangat sering mengunjunginya. Berwisata keluar negeri sembari melakukan perjalanan bisnis akan lebih seru dan menyenangkan jika kamu membawa serta si kecil bersama yang menjadi penghibur di waktu penat. Melancong ke luar negeri saat ini jauh lebih mudah dibandingkan dahulu. Cukup dengan menyiapkan tiket yang harganya cukup ekonomis yang bisa Anda dapatkan melalui promo tiket dan juga hotel untuk akomodasinya. Tidak ada lagi yang susah, dan bahkan jika dan kesal harus menunggu dalam waktu yang lama, Anda bisa atasi antrian paspor anak dengan beberapa langkah praktis sebagai berikut ini:


Cara atasi antrian paspor untuk anak


Persiapkan berkas


Sebagai pihak yang mengajukan permohonan pembuatan paspor, tentu kamu ingin agar paspor yang kamu buat cepat selesai. Untuk itu, sebelum keberangkatan, terlebih dahulu cek semua berkas yang diperlukan mulai dari akta kelahiran si kecil, E-KTP orang tua, kartu keluarga, materai, paspor orang tua, dan sebagainya. Sebelumnya lakukan pengecekan di mesin pencari atau bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman terkait apa saja berkas yang dibutuhkan untuk mempermudah pengurusan. Atau, terlebih dahulu bertanya kepada pihak kantor imigrasi setempat terkait persyaratan apa saja yang perlu kamu siapkan. Mungkin saja ada pembaharuan kebijakan yang mengharuskan adanya dokumen tambahan diluar dari dokumen syarat wajib yang sudah semestinya disiapkan. Ini akan sangat menghemat waktumu, sebab kamu tidak perlu mondar-mandir untuk melengkapi kelengkapan administrasi seperti yang seharusnya.   

Lakukan pendaftaran secara online


Yuk, lakukan pendaftaran secara online yang hanya bisa dilakukan pada hari jumat dan minggu saja. Untuk pendaftaran pada hari jumat adalah pada jam 14.00 siang hari, sedangkan untuk pendaftaran hari minggu adalah khusus pada jam 17.00 sore hari. Tujuan dari pendaftaran online ini adalah untuk menghindari antri berlebihan.

Orang tua keduanya hadir di kantor imigrasi


Untuk memudahkan dan mempercepat proses penyelesain pembuatan paspor, akan lebih baik jika kedua orang tua anak hadir. Jikapun orang tua anak resmi berpisah, maka sebaiknya menunjukkan akta cerai dan surat pelimpahan hak asuh anak yang secara resmi diterbitkan oleh pengadilan tinggi negeri. 

Siapkan berkas dalam bentuk fc dan siapkan pula materainya


Untuk menekan biaya pembuatan paspor anak, siapkan berkas asli dan berkas fotocopy dengan kertas A4 sekaligus materainya. Pihak imigrasi memang menyediakan fasilitas tersebut namun biaya yang dibanderol cukup mahal. Siapkan berkas tersebut, cek terlebih dahulu agar kamu tidak kehabisan waktu untuk mengurus berkas yang kurang. 

Datang jauh-jauh hari sebelum keberangkatan


Agar hasil lebih maksimal, dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan (seperti paspor belum selesai), lebih baik kamu datang ke lokasi kantor imigrasi jauh-jauh hari. Pastikan kapan tanggal keberangkatan keluar negeri dan perkiraan kapan kiranya paspor tersebut selesai dalam waktu yang tidak terlalu mepet. 

Beretika baik


Berikan kesan bahwa kamu dan pasangan adalah warga negara Indonesia yang baik yang menampakkan etika yang baik saat sedang berada di kantor imigrasi. Kenapa demikian? karena sering kali karena malas mengantri, kita lantas menampakkan etika yang kurang sopan seperti ngambek, membentak, dan lain sebagainya. Cobalah untuk beretika yang baik, ramah dan murah senyum agar momen menunggu tetap nyaman. 

Hindari bosan menunggu dengan cemilan


Antrian paspor untuk anak pastinya sangat panjang. Membawa serta si kecil untuk proses pembuatan paspor bukanlah hal yang mudah. Anak mungkin bad mood, bosan dan melakukan aktivitas di luar prediksi. Sebagai antisipasi, siapkan cemilan kesukaan si kecil, atau bawalah serta mainan yang disukainya agar dia tetap nyaman saat mengantri di kantor imigrasi. Lakukan pembayaran sesuai tagihan dan tepat waktu agar proses pembuatan paspor  tidak memakan waktu yang lama. 

Dengan paspor untuk seluruh anggota keluarga, perjalanan wisata keluar negeri menjadi lebih nyaman dan aman. 

Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)