Tuesday, 28 January 2020

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Kartu Pra Kerja?

0 comments

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Kartu Pra Kerja?

Fungsi dan manfaat kartu pra kerja hingga saat ini masih dipertanyakan. Hal ini disebabkan karena keberadaan kartu ini masih belum mulai dimulai sehingga ada banyak pertanyaan mengenai program ini. Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa kartu pra kerja ini bisa menyebabkan pembebanan terhadap APBN. Sesungguhnya apa fungsi dan manfaat yang dimaksud oleh pemerintah dengan kemunculan dari kartu pra kerja ini? Untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat dan fungsi kartu pra kerja ini berikut ini adalah ulasannya.

Fungsi dan manfaat dari kartu pra kerja untuk pemerintah 

Sesungguhnya fungsi dan manfaat dari kartu pra kerja ini utamanya akan dirasakan oleh pemerintahan sendiri. Jika berhasil program ini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi negara Indonesia sendiri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sesungguhnya program ini memang sudah cukup banyak diaplikasikan di beberapa negara maju. 

·                  Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
Beberapa negara maju memberikan tunjangan pada pengangguran yang memenuhi kriteria tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Lalu di Indonesia sendiri, salah satu syarat utama bagi calon pemegang kartu pra kerja ini adalah kesediaan pada pemegang kartu untuk melakukan sertifikasi dan juga pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan ini memberikan fungsi dan manfaat kartu pra kerja bagi pemerintah sendiri. 
Dengan melakukan sertifikasi dan juga pelatihan, maka sumber daya manusia di Indonesia akan menjadi lebih berkualitas dan memiliki keahlian. Keahlian ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan banyak kegiatan, bisa digunakan untuk masuk ke dalam industri bisa juga digunakan untuk reskilling dan juga digunakan untuk membuat bisnis atau usaha baru. Dengan hal ini, maka angka pengangguran di Indonesia akan berkurang. 

·                     Meningkatkan peringkat Indonesia di level internasional
Pengangguran berkurang, nilai dan peringkat Indonesia akan naik sekaligus akan meningkatkan pendapatan pajak negara dari pajak penghasilan. Merupakan strategi dan manfaat yang cukup besar bagi negara bukan? Dengan berkurangnya angka pengangguran masalah kemiskinan juga akan di tekan. Peningkatan dari penghasilan dan kesejahteraan pada akhirnya akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Hal ini pada akhirnya akan menjadikan Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Ini adalah fungsi dan manfaat kartu pra kerja secara umum untuk pemerintah Indonesia. 

Fungsi dan manfaat kartu pra kerja bagi masyarakat

Selain memiliki fungsi dan manfaat kartu pra kerja juga memiliki manfaat untuk para pemegangnya secara langsung. Dalam survei ditemukan bahwa tenaga kerja atau SDM di Indonesia sebanyak lebih dari 50% memiliki pendidikan SMP dan di bawahnya. Hal ini menyebabkan mereka sulit mendapatkan pekerjaan untuk diri mereka. Karena selain tidak memiliki kualifikasi mereka juga tidak memiliki skill. Dengan menggunakan kartu pra kerja ini selain diberikan tunjangan sebanyak Rp 500 ribu, pada pemilik kartu pra kerja juga akan menjalani pelatihan atau kursus serta sertifikasi untuk membantu memberikan pelatihan skill ini. Hal inilah yang pada akhirnya memberikan fungsi dan manfaat kartu pra kerja pada pemegangnya. 
Selain itu, program ini tidak hanya digunakan untuk memberikan bantuan dan juga memberikan keahlian tapi juga memberikan beberapa hal lainnya seperti link and match untuk mempertemukan tenaga kerja dengan industri. Dengan begitu akan lebih mudah bagi para pemegang kartu untuk mendapatkan pekerjaan bukan?


Kriteria mereka yang bisa mendapatkan kartu pra kerja

Pada dasarnya SDM adalah kunci dari sebuah perkembangan negara. Oleh karena itu, setelah sibuk dan fokus pada pembangunan fasilitas di periode ini pemerintah lebih fokus pada program dalam meningkatkan kualitas dari SDM yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan begitu penggunaan dari kartu pra kerja ini akan lebih tepat fungsi dan manfaat kartu pra kerja tersebut. 

Untuk mendapatkan fungsi ini secara tepat, maka penggunaan kartu ini harus tepat dan diberikan pada orang yang benar-benar membutuhkannya. Oleh karena itu, kriteria dari penerima kartu ini disasarkan pada mereka yang baru lulus sekolah, merupakan WNI, akan memulai usaha, start up bisnis dan juga mereka yang menjadi korban dari PHK. Selain itu, untuk mendukung agar fungsi dan manfaat kartu pra kerja ini lebih tepat guna pengawasan serta sosialisasi harus dilakukan dengan lebih baik dan lebih meluas. 



Leave a Reply

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)