Saturday, 14 September 2019

Berkembang Memulai Warung Digital Serba Bisa, Acuan untuk Pengaruh Luar Biasa #MerdekainWarung

27 comments

"Badan Pusat Statistik melaporkan, lapangan usaha atau perusahaan yang berhasil menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia berasal dari usaha perdagangan besar dan eceran."

Sebanyak 22,4 juta orang, atau 31,81 persen dari tenaga kerja yang ada di Indonesia merupakan pedagang maupun eceran. Sektor tersebut, termasuk tiga terbesar penyumbang lapangan usaha. Yang kita tahu setiap pedagang pasti memiliki warung, grosir, atau lahan untuk mempromosikan dagangannya. 

Namun di era teknologi canggih sekarang ini, warung-warung tidak lagi disinggahi sesering biasanya.  Bahkan persaingan dengan minimarket atau pasar modern tidak lagi terelakkan. Orang-orang lebih suka "makan terbang" dengan menggunakan jasa-jasa suatu aplikasi. Bahkan orang-orang juga lebih sering menabung uang dalam aplikasi payment online daripada belanja langsung dengan menggunakan uang cash. Bahkan lebih banyak toko online yang bersaing di era sekarang ini.

Kedai-kedai khusus menjual pulsa pun sudah jarang ditemukan, karena sudah banyak yang tahu bagaimana cara mudah dalam mengisi pulsa tanpa harus keluar rumah dengan biaya nol rupiah. Warung-warung itu kemudian ada yang tutup, atau mulai mengikuti perkembangan teknologi dengan menginstall aplikasi yang ada sekarang ini.

Namun bagaimana jika ada suatu solusi untuk melawan persaingan pasar di era modern ini? Memajukan warung dan memerdekain warung tanpa harus menyewa lahan? Bagaimana jika ada suatu aplikasi yang bisa menyediakan layanan yang persis sama seperti grosir biasanya? Yakni terdiri dari grosir sembako, transfer uang, bisnis pulsa, PPOB, bayar tagihan telepon, daftar Grab hingga beli tiket kereta

Untungnya ada suatu aplikasi yang bisa menjadi solusi dari setiap masalah dalam warung. Aplikasi yang bisa membuat warung selangkah lebih maju atau bisa setara dengan pasar modern sekarang ini. Yakni, bertransaksi menggunakan ovo, mengisi pulsa, mengisi token, hingga yang tidak punya warung pun bisa membuka warung sendiri dengan menggunakan aplikasi Kudo. 

(a) Warung Digital Serba Bisa di Jl Pembangunan, Medan.

(b) Warung Digital Bisa di Sumber, Medan.

Sebelum itu, pernahkah teman-teman sekalian melihat warung yang memasang spanduk/poster seperti gambar di atas? Jika pernah, berarti sudah ada yang menggunakannya di wilayah itu dan menjadi agen Kudo. Mari merdekain warungmu dan buat warungmu sendiri bersama Kudo (Kios Untuk Dagang Online).

Kudo adalah suatu aplikasi digital (warung digital serba bisa) yang membantu masyarakat, terutama kelas ekonomi menengah dengan cara memberikan akses ke berbagai barang dan layanan. Baik pengusaha kecil, menengah, dapat menjual jutaan produk tanpa harus menambah stok barang. Sangat cocok untuk memerdekakan warung di seluruh Indonesia. Bahkan warung tradisional yang minim teknologi dan sangat sulit untuk bekerja sama dengan aplikasi online terkenal, dengan Kudo warung tradisional itu layak untuk naik pasar dan bersaing dengan pasar modern lainnya. 

Apa saja yang menjadi acuan bahwa Kudo terpercaya?
  • Peluang bisnis baru dengan teknologi (banyak teknologi dalam Kudo yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis)
  • Meningkatkan kualitas hidup pelanggan lewat jaringan agen (meringankan biaya setiap transaksi bagi agen Kudo)
  • Bersama Grab menciptakan keuangan inklusif (kita tahu bahwa Grab merupakan aplikasi besar terpercaya dengan kerjasama bersama Ovo pula.)
Sudah siap untuk menginstall Kudo? Mengutip dari Kudo sendiri, "Inviting the best and the brightest to create impact."


Salah satu tujuan Kudo adalah:
  1. Memperkaya pengalaman dan menghadapai tantangan baru setiap hari. 
  2. Bekerja dengan tim yang saling menghormati dan berintegrasi tinggi
  3. Mengembangkan bisnis dan menciptakan pengaruh. 
Merdekain warungmu mulai dari sekarang dengan menginstall langsung aplikasi Kudo di Play Store atau mengunjungi website resmi Kudo (Warung Digital Serba Bisa) dan klik :

Tampilan pada website yang harus diklik

Sedikit referensi: 
Bagi aku seorang mahasiswi, aplikasi ini memang banyak manfaatnya, salah satunya aku bisa berjualan pulsa pada teman-teman sekampus dengan biaya Kudo yang sangat murah serta dapat diskon per hari. Tidak hanya pulsa, ada juga transaksi lain yang bisa kamu gunakan. Sehingga, aku bisa membuat warung dan merdekain warungku sendiri. Begitu juga dengan yang lain. Setelah kamu menginstall, akan tampil gambar di bawah ini. 

Tampilan pembuka setelah menginstall aplikasi Kudo
Nah berikut beberapa step yang harus kamu tahu saat mendaftar kudo. Pada poin ke 2 (data diri), kamu bisa memberitahu apakah sudah punya warung atau tidak. Aku sendiri tidak punya warung saat pertama kali membuatnya. 

Tampilan mendaftar Kudo sampai akun selesai dibuat

Tidak hanya sampai situ saja, kamu harus memverifikasikan akun agar mendapat lebih banyak keuntungan.
Pada No 5, kamu hanya perlu mencocokkan KTPmu di kotak yang disediakan. Dilanjutkan ke data usaha hingga verifikasi selesai. Mudah, bukan?

Nah sebagai bahan untuk merdekain warungmu, Kudo menyediakan layanan yang meliputi bagian-bagian dalam gambar di bawah yang bisa kamu gunakan. Semuanya, sudah bisa kamu kelola dan kamu pula yang menjadi pemilik warungnya. Sangat membantu, bukan?

Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung
Tampilan Layanan yang disediakan Kudo
Keterangan :
  1. Ada layanan keuangan yang bisa kamu gunakan untuk Transfer Uang
  2. Bayar tagihan yang bisa kamu gunakan salah satunya untuk Bayar Tagihan Telepon
  3. Isi ulang yang bisa kamu gunakan untuk Bisnis Pulsa
  4. Produk online yang bisa kamu jual belikan
  5. Tiket perjalanan yang bisa kamu gunakan untuk beli Tiket Kereta
Selain itu ada beberapa layanan lain yang bisa kamu dapatkan di Kudo:

Nah untuk aku sendiri, aku menyediakan layanan pulsa buat teman sekampus jika mereka sedang butuh cepat. Dan yang paling aku suka dari Kudo adalah, mereka menyediakan segala jenis pulsa dengan voucher berbeda dan ada diskon pula. Walaupun aku menjual dengan harga murah, misalkan 10 ribu dijual 11 ribu, dst. Tapi bersama Kudo, aku banyak untungnya.

Isi pulsa 50 ribu di Kudo

Cara mengisi pulsa di Kudo:
  1. Kamu cukup ketikkan nomormu, dan Kudo akan langsung mendeteksi itu kartu apa dan voucher pilihannya akan segera tampil dan klik bayar. 
  2. Ovo akan meminta pin, dan memberitahu saat transaksimu sukses 
  3. Kudo akan merekam transaksimu dan memberi keterangan sukses saat transaksi selesai.
Nah, itu sedang transaksi 50 ribu loh, bagaimana mungkin hanya segitu? Jadi, Kudo menawarkan diskon Rp 7.500 setiap transaksi pulsa sekali sehari. Tanpa diskon pun, sebenarnya Kudo juga sudah murah.  Ini contoh transaksi lain:


Transaksi pulsa di Kudo

Keterangan:
  1. Ketika mengisi pulsa, kamu hanya perlu masukkan nomor yang dituju. Itu saat aku isi pulsa 10 ribu.
  2. Masuk pemberitahuan sukses
  3. Ovo akan memberitahumu
  4. Itu adalah pilihan yang bisa kamu gunakan pada rekam transaksi, yang sedang dalam proses, sukses, maupun gagal.
Tidak hanya itu, aku juga menggunakan Kudo untuk transaksi antar Bank masih dengan kode dan diskon yang sama. Karena kebetulan bank yang kutuju BNI jadi yang dibayar lebih murah lagi. Cukup mengisi pada step 2 dan klik bayar pada step 3 dan tunggu proses masuk ke dalam rekam transaksi.

Step untuk transfer uang

Sangat membantu, bukan? Di era digital agar tidak dicap buta teknologi, kita harus paham dengan ini. Warung tradisional yang sedang ada di wilayah kita memang sangat banyak, tapi warung digital? Hanya beberapa saja. Padahal untuk kebutuhan sehari-hari, agar menghemat simpanan, kita butuh wadah. Dan dengan payment online sehingga tidak sulit lagi bertransaksi. Warung tradisional pun bisa didaftarkan melalui Kudo.

Dengan begitu, warung tradisional tidak akan pernah mati, bahkan bisa lebih maju dari sebelumnya serta kuat bersaing dengan pasar modern atau minimarket sekarang. Tunggu apa lagi, ayo merdekain warungmu dan #MajuinWarung segera bersama Kudo, menjadi agen terpercaya yang bisa memberikan pengaruh untuk masa yang akan datang. Jika bukan warung kita, mari kita merdekain warung tradisional yang kita tahu dengan cara memberikan mereka info tentang Kudo, Warung Digital Serba Bisa

Jika tidak punya warung, sekarang saatnya untuk bisa buka warung sendiri. Jika tidak ingin punya warung dan berjualan? Cukup gunakanlah untuk diri sendiri dengan membayar pulsa, token, tagihan listrik sampai dengan tiket kereta untuk dirimu saja. Sangat tidak ada ruginya, bukan? Dengan begitu semua orang akan terbantu dan bisa berkembang untuk memulai Warung Digital Serba Bisa yang menjadi acuan untuk pengaruh luar biasa di masa yang akan datang. Selamat Merdekain Warung dan Majuin Warung bersama Kudo. 

#PejuangWarung #MajuinWarung #MerdekainWarung

Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung
 Tulisan ini diikutkan pada lomba blog “KUDO Blog Competition : Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung.”

27 comments:

  1. baru tau ada aplikasi yang begitu kak. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  2. Itu kita harus top up dulu ka?
    Atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Topupnya utk isi saldo kamu aja kok, pake ovo bsa dialfamart. Nnti ovonya klo msh banyak bsa ditarik ke atm ;))

      Delete
  3. kak masyaallah sangat membuka wawasan
    mau tanya kak jadi kalo kayak kios kios kecil dan mengapply kudo app, apakah maksudnya masy kecil dan menengah bisa pesan antar kebutuhan rumah tangga di sebuah warung atau kios kecil mll app kudo? atau bagaimana? hehe...
    jadi keuntunganny itu dl bentuk uang ovo/online kak bukan uang cash bgitu?

    terimakasih kak, semoga juara yaaa

    ReplyDelete
  4. Semua boleh kak. :)
    Malah disaranin kios2 kecil.

    Tentunya pmbayaran online biar gampang jg klo transaksi sm org2 yg gapunya cash. Tp nnti uang itu bisa ditarik ke atm kok jd uang cash deh. Gampang bgt kak:)

    ReplyDelete
  5. Wah, terima kasih infonya kak. Sangat bermanfaat πŸ€—

    ReplyDelete
  6. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  7. Aku jadi tau, terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  8. Event lomba nulis ya mba . Hihi. Aku ikutan daftar sih ini tapi belum jadi 😭.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba naja. Yah yauda masih ada wktu smpe tgl 24. Smngat yaa☺️

      Delete
  9. Terima kasih atas ilmunya kak 😍

    ReplyDelete
  10. Kudo cerita kios berbasis digital,.. Sangat bagus dan modern, cuma apa bisa masyarakat menengah yg msh gaptek menggunakan Kudo...sekali kali tulis juga tentang industri rumahan yg pingin maju, tapi belum dapat akses. Tksh mba Sulis

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Akan sangat dihargai jika diberi kritik dan saran juga hal menarik lainnya yang akan dibahas :)

Labels

Cerpen (37) Wacana (18) Artikel (12) Puisi (8) Drabble (7) Sad Story (7) Review Blog (3) Ulasan (3) Essay (2) Lagi Viral (2) Resensi (2) Review Film (2) Review Series (2) Tips (2) Biografi (1) Quotes (1)